Rabu, 20 Februari 2013



3 dunia, 1 hati, 3 cinta
Dalam hidup ku, aku mengenal ada 3 dunia, diantaranya yang pertama dunia Tuhan, kedua dunia keluarga dan yang ketiga dunia teman atau sahabat. Ketiga dunia ini saling melengkapi satu sama lain. Ibarat sebuah telur cangkangnya adalah dunia Tuhan, putihnya adalah dunia keluarga dan sarinya adalah dunia teman atau sahabat.
Tanpa ada cangkangnya, telur itu pasti akan pecah dan menetes kemana-mana begitu pula tanpa ada putihnya maka telur tersebut sebagian akan kosong sehingga bergerak kemana-mana sama halnya tanpa ada sarinya maka putih tersebut akan terasa tak berarti. Ketiga dunia tersebut harus selalu ada, karena ketiga dunia itu adalah kehidupan. Bila salah satu dunia tersebut tak dijalani maka hidup itu tak akan berjalan sempurna, ibarat sebuah telur tadi.
Dunia Tuhan
            Dunia yang aku maksudkan adalah kepercayaan yang kita anut dari lahir misal agama yang terdiri dari berbagai macam agama dengan berbeda pula kepercayaannya. Melalui kepercayaan itu kita dapat mendekatkan diri kepada Dia yang mengatur segalanya, Dia yang menciptakan segalanya, Dia ada dimana-mana dan Dia yang maha tahu, Dialah yang sering kita sebut TUHAN. Setiap manusia yang berbeda kepercayaan, berbeda pula sebutan Tuhan dalam agamanya, yang pasti Tuhan itu hanya satu Ia bersifat tunggal dan tak terbatas namun sebutan unuknya sangatlah banyak. Seperti halnya seseorang yang bekerja sebagai guru kemudian sepulang dari mengajar ia dirumahnya bekertja sebagai RT, maka di lingkungan sekolah oleh siswa ia disebut pak guru, dan dimasyarakat ia disebut pak RT, sementara dirumahnya sendiri ia disebut papa oleh anak-anaknya. Jadi demikian pula Tuhan yang berbeda sebutan di kepercayaan yang berbeda.
Dunia keluarga
            Kelurga adlh orang yang paling dekat dengan kita, setelah Tuhan keluarga adalah yang paling utama karena keluarga yang selalu ada buat kita baik disaat suka maupun duka. Jadi cintailah keluarga mu jangan pernah meninggalkannya untuk pilihan yang lain karena sesungguhmnya keluargalah yang paling tulus menerima  kamu dalam kondisi apapun.
Dunia teman/sahabat
Hidup belum terasa sempurna bila kita hidup tanpa adanya teman/ sahabat sebab dunia ini luas dan kebanyakan orang yang ada adalah teman/sahabat kita. Bila kita nggak bisa berteman maka kita akan merasa asing jika berada ditengah masyarakat luas. Walaupun kita udah memiliki keluarga tapi tanpa adanya teman/sahabat dan masyarakat lain kita akan merasa hidup sendiri karena kita membutuhkan teman dimanapun kita berada.
            Di dalam ketiga dunia itu yang paling utama adalah kita memiliki rasa cinta dan kasih sayang karena tanpa adanya cinta didalam diri kita, maka dunia itu tak akan terasa hipuh dan indah, jadi sebelum mencintai orang lain cintailah dirimu sendiri karena cinta kepada orang lain tak akan berarti tanpa menciantai dirimu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar